UMKM ERKALIMA: Pengolahan Hewan Kurban Menjadi Abon

UMKM ERKALIMA: Pengolahan Hewan Kurban Menjadi Abon

MAGELANG - Ditengah masih berlangsungnya pandemi virus corona atau Covid-19 yang belum usai, Inisiatif Drs. Giyarto Mp.d Direktur sekaligus Pimpinan Ponpes Hamid Hamzah kerjasama dengan UMKM ERKALIMA Magelang melalui Nasa selaku Musrifah/Pengasuh mempersiapkan produk daging sapi olahan berupa abon. Daging kurban itu untuk para penerima manfaat yang berada di wilayah tertinggal.

Ponpes Hamid Hamzah dan UMKM ERKALIMA memilih produk olahan kurban berdasarkan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) bernomor 37 Tahun 2019. Tentang pengawetan dan pendistribusian daging kurban dalam bentuk olahan.

"Di tengah kesiapsiagaan kita berjibaku dengan pandemi Covid-19, pilihan daging kurban dalam bentuk olahan menjadi logis dan efektif, " kata Pimpinan Ponpes Hamid Hamzah kepada awak media, Sabtu (24/7/2021).

Nasa mengatakan, bentuk olahan daging kurban tertuang di dalam Fatwa MUI Nomor 37 Tahun 2019. Olahan tersebut dapat didistribusikan secara merata hingga ke pelosok wilayah. Dari sekian banyak bentuk olahan daging kurban, Nasa akan memilih produk berbentuk abon atas banyak pertimbangan dan kemudahan distribusinya." terang nasa.

Nasa mengatakan di pilihnya abon hasil yang dilakukan Tim Ponpes Hamid hamzah dan UMKM ERKALIMA Magelang Tahun 2021 yang melibatkan sampel melalui para binaan mereka. Nasa merangkum secara keseluruhan bahwa produk olahan abon adalah pilihan yang tidak akan mereka sia-siakan."tuturnya.

"Dalam pandangan kami, lidah orang Indonesia terbiasa dengan cita rasa abon. Produk ini sangat pas untuk kami angkat agar kemanfaatannya dapat dirasakan langsung oleh para penerima manfaat kita yang tengah menghadapi dampak dimasa pandemi Covid-19, " jelasnya.

Bidang Edukasi dan Kemitraan Ponpes Hamid Hamzah dan UMKM ERKALIMA ini juga menjelaskan banyaknya manfaat yang dihasilkan dari produk abon ini. Di antaranya adalah nilai gizi yang terkandung dari abon dapat meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

Di samping itu, abon memiliki tingkat keawetan hingga enam bulan lamanya. Secara terbuka, Nasa menjelaskan proses pembuatan abon ini dikerjakan oleh mitra ERKALIMA Magelang yang akan dikembangkan. Ia merinci alur produksi abon ini yang dinilainya aman, sesuai protokol pencegahan penularan Covid-19.Pemotongan hewan akan dilakukan secara bersih sesuai syariat dan protokol kesehatan.

"Terakhir, pendistribusian dilakukan maksimal selama beberapa hari ke depan karena akan menjangkau daerah terpencil." jelasnya.

Nasa menjamin higienitas abon ini mulai dari proses pemotongan hingga menjadi produk akhir. Di mana pengolahannya dijamin kebersihannya serta profesional." pungkasnya.

Editor : Agung Sty Jurnalis.id

Agung Setiyo

Agung Setiyo

Previous Article

Polsek Windusari: Salurkan Bansos Sembako...

Next Article

Dispermasdesdukcapil: Kades di Jateng Diminta...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono

Agung widodo

Agung widodo

Postingan Bulan ini: 8

Postingan Tahun ini: 70

Registered: May 29, 2021

anisyahyangb@gmail.com

anisyahyangb@gmail.com

Postingan Bulan ini: 3

Postingan Tahun ini: 11

Registered: Apr 9, 2021

Totong Setiyadi

Totong Setiyadi

Postingan Bulan ini: 2

Postingan Tahun ini: 15

Registered: Apr 7, 2021

Donald stenly

Donald stenly

Postingan Bulan ini: 2

Postingan Tahun ini: 3

Registered: Apr 9, 2021

Profle

Udin Komarudin

Pemdes Aergale Manfaatkan Dana Desa Tahun 2021 Tahap 2 Dengan  Program PKTD
Diduga tersengat listrik, Warga Krapoh Ditemukan Tak Bernyawa di Atas Pohon
Tekan Angka Covid 19, Pemdes Lolombulan Makasili Lakukan Penyemprotan Disinfektan
Raih Pringkat 6 Besar Nasional, Pratin Pekon Batu Kabayan Murtoyo Sampaikan Apresiasi

Follow Us

Recommended Posts

Vaksinasi Dosis 1 Sinovac Dilaksanakan di Balaidesa Tembok Luwung oleh DPC Gerindra
Warga Desa Lebaksiu Kab Tegal Ikuti Kegiatan Vaksinasi dengan Tertib dan Lancar
Warga Desa Kertajaya Gandrungmangu, Ikuti Sosialisasi Tata Cara Penanganan Banjir
Masyarakat Antusias Ikuti Vaksinasi Masal Dosis Pertama
Prajurit Satgas TMMD Reg-112 Kodim Rembang Sosialisasi Lingkungan dan Bantu Kasih Makan Sapi Warga