Perpustakaan Umum Berbasis Inklusi Sosial di Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Ekonomi

Perpustakaan Umum Berbasis Inklusi Sosial di Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Ekonomi
Perpustakaan Umum Berbasis Inklusi Sosial di Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Ekonomi

MAGELANG - Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kabupaten Magelang, Bela Pinarsi, S.H, M.M dalam pelatihan public speaking Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Gedung Graha Seba Jl.Dr. Soetomo Muntilan, yang diikuti oleh 20 peserta, dari PNS, Guru, Swasta dan Mahasiswa. Dalam Pelatihan Public Speaking, Transformasi Perpustakaan Umum Berbasis Inklusi Sosial, Literasi untuk Kesejahteraan di Bidang Pendidikan, Kesehatan, dan Ekonomi Dengan Nara Sumber Neng Agung Santika S.Pt (Nasa) Kabupaten Magelang. Rabu dan Kamis (18-19/8/2021)

Perpustakaan diharapkan bisa memberikan kontribusi optimal kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Upaya transformasi perpustakaan, merupakan suatu keniscayaan dalam membantu meningkatkan kemampuan masyarakat, sehingga dapat mengubah kualitas hidupnya menjadi lebih baik.

Untuk itu, peran perpustakaan harus ditingkatkan sebagai wahana pembelajaran bersama untuk mengembangkan potensi masyarakat. Selain menyediakan sumber-sumber bacaan untuk menggali informasi dan pengetahuan, perpustakaan juga memfasilitasi masyarakat dengan berbagai kegiatan pelatihan dan keterampilan, yang bertujuan untuk pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat.

"Transformasi Perpustakaan Umum berbasis Inklusi Sosial ini, dilakukan bersama Bunda Literasi Cristanti Zaenal Arifin S.E, Kabupaten Magelang, dukungan pegiat literasi dan pengurus gerakan pemasyarakatan minat baca, ibu-ibu PKK dan karang taruna, PKK Milenial di desa-desa, " kata, " Cristanti Zaenal Arifin S.E, dalam acara pelatihan public speaking di Gedung Graha Seba Pustaka.

 "Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Dalam Penguatan Kesejahteraan Masyarakat di Masa Pandemi" di Kabupaten Magelang

Criatanti Zaenal Arifin S.E menjelaskan, program inklusi sosial di Kabupaten Magelang telah berjalan dengan membuat berbagai pelatihan, mulai dari cara berkarya hingga menciptakan suatu produk yang bisa dipasarkan. "Namun, merebaknya pandemi Covid-19 membuat konsep inklusi sosial yang selama ini dilakukan secara tatap muka, harus beralih menggunakan internet atau berbasis online maupun luring" jelasnya.

Menurut Cristanti Zaenal Arifin S.E, Dispusip Kabupaten Magelang mencoba membuat pelatihan dengan tetap menerapkan protokal kesahatan. Salah satu caranya, dengan membuat berbagai konten inklusi sosial berbasis Literasi untuk Kesejahteraan.

"Perpustakaan daerah akan menyusun suatu sistem yang mampu menampung pengetahuan yang bermanfaat masyarakat tidak hanya untuk masyarakat Magelang semata, namun juga masyarakat lainnya, " imbuhnya.

Melalui sistem manajemen pengetahuan, lanjut Cristanti Zaenal Arifin S.E, masyarakat bisa mendapatkan pengetahuan tentang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi ataupun pengetahun lainnya.

 "Semua itu, kami akan gali dan kelola serta membagikannya kepada masyarakat, " tandasnya.

Sedangkan Nara sumber pelatihan Public speaking, Neng Agung Santika S.Pt, mendukung penuh kegiatan inklusi sosial yang ada di Kabupaten Magelang.

"Harapannya, perpustakaan daerah dan pegiat literasi terus bergerak dan berkomitmen untuk mengubah paradigma perpustakaan yang dianggap sebagai gudang buku, dan bertransformasi menjadi perpustakaan yang mampu memberdayakan masyarakat dengan pendekatan teknologi informasi, " jelas Nasa kepada awak media.

Dalam acara Pelatihan Public Speaking di Gedung Graha Seba ini berjalan lancar dan tetap taati prokes.

Editor : Agung JIS

Agung Setiyo

Agung Setiyo

Previous Article

KWT Srikandi Kapuhan Terima Bantuan 50 Juta

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono

Agung widodo

Agung widodo

Postingan Bulan ini: 8

Postingan Tahun ini: 70

Registered: May 29, 2021

anisyahyangb@gmail.com

anisyahyangb@gmail.com

Postingan Bulan ini: 3

Postingan Tahun ini: 11

Registered: Apr 9, 2021

Totong Setiyadi

Totong Setiyadi

Postingan Bulan ini: 2

Postingan Tahun ini: 15

Registered: Apr 7, 2021

Donald stenly

Donald stenly

Postingan Bulan ini: 2

Postingan Tahun ini: 3

Registered: Apr 9, 2021

Profle

Udin Komarudin

Pemdes Aergale Manfaatkan Dana Desa Tahun 2021 Tahap 2 Dengan  Program PKTD
Diduga tersengat listrik, Warga Krapoh Ditemukan Tak Bernyawa di Atas Pohon
Tekan Angka Covid 19, Pemdes Lolombulan Makasili Lakukan Penyemprotan Disinfektan
Raih Pringkat 6 Besar Nasional, Pratin Pekon Batu Kabayan Murtoyo Sampaikan Apresiasi

Follow Us

Recommended Posts

Vaksinasi Dosis 1 Sinovac Dilaksanakan di Balaidesa Tembok Luwung oleh DPC Gerindra
Warga Desa Lebaksiu Kab Tegal Ikuti Kegiatan Vaksinasi dengan Tertib dan Lancar
Warga Desa Kertajaya Gandrungmangu, Ikuti Sosialisasi Tata Cara Penanganan Banjir
Masyarakat Antusias Ikuti Vaksinasi Masal Dosis Pertama
Prajurit Satgas TMMD Reg-112 Kodim Rembang Sosialisasi Lingkungan dan Bantu Kasih Makan Sapi Warga